Sabtu, 12 Oktober 2019

Makna Lambang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah




A.          Makna Lambang Muhammadiyah
Pada bab sebelumya kita sudah mempelajari tentang lambang Muhammadiyah yaitu matahari bersinar 12 di tengahnya ada tulisan arab berbunyi Muhammadiyah, yang melingkari di bgian atas kalimat syahadat asyhadu alla ilaaha illallah, dan dibagian bawah kalimat syahadat asyhadu anna muhammadarrasulullah. Warna dasar hijau daun, dan seluruh sinar dan tulisan dengan warna putih.
Pada bab ini akan dijelaskan makna lambang Muhammadiyah :

1.      Warna dasar hijau memiliki makna kedamaian dan kesejahteraan.
2.      Sinar putih memiki makna kesucian hidup.
3.      Matahari memiliki makna sumber kekuatan alam semesta yang selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat.
4.    12 sinaar matahari memiliki makna tekad semangat seperti kaum Hawariyyun (12 pengikut setia nabi Isa)
5.  2 kalimat syahadatmemiliki makna makna Muhammadiyah berdasar tauhid (mengesakan Allah)
Sikap yang mencontoh nilai-nilai dalam lambang Muhammadiyah yaitu:
1.      Warna dasar hijau memiliki makna kedamaian dan kesejahteraan. Maksudnya menunjukkan cita-citadan tujuan Muhammadiyah, yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur serta diridhoi Allah. Perilaku sehari-hari selalu menjaga perdamain dan memberi manfaat pada orang lain.
2.  Gambar di tengah lambang Muhammadiyah berupa gambar Matahari bersinar 12. Maknanya adalah selalu menerangi selruh lapsan masyarakat. Sinar 12 melambangkan tekad dan semangatMuhammadiyah dalam menyiarkan ajaran Islam ditengah-tengah masyarakat Indonesia, seperti tekad dan semangat sahabat nabi Isa a.s yang berjumlah 12 orang. Warna putih melambangkan kesucian dan keiklasan. Sikap yang tepat sesuai warna putih yaitu selau suci ahti dan pikiran dan perbuatan. Tidak mudah berburuk sangka dan punya niatan buruk pada temen.
3. Di tengah lingkaran tertulis: Muhammadiyah dengan warna hijau. Maksudnya Muhammadiyah diharapkanterus menyinari dengan memberi manfaat. Dengan sinar putih menyinarkan kesegaran hidup. Sikap yang bisa diambil yaitu selalu bersemangat dan mempunyai motivasi hidup yang tinggi, sehingga bisa memberi manfaat lingkungan sekitar. Dengan berpedoman bahwa sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi sekitarnya. Sepertinya hadist nabi Muhammad:
4. Syahadatain melingkari diatas dan dibawah tulisan Muhammadiyah. Artinya Muhammadiyah selallu berusaha menegakan tauhid dan mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW. Dengan dasar 2 kalimat syahadat tersebut Muhammadiyah berusa mewujudkan masyarakat adil makmur serta bangsa yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”.
Sikap yang bisa diambil yaitu selalu taat dan patuh pada perintah Allah dan tidak suka dengan hal-hal syirik, tahayul, bid’ah dan khurafat. Sebagai bentuk mempraktekkan 2 kalimat syahadat dalam lambang Muhammadiyah.

B.           Makna Lambang ‘Aisyiyah

Lambang ‘Aisyiyah sama dengan lambang Muhammadiyah yaitu matahari bersinar 12. Perbedaan terdapat pada tulisan ditengahnya, yaitu tulisan arab ‘Aisyiyah yang dilingkari di bagian atas berupa kalimat syahadat asyhadu an laa ilaaha illallah dan di bagian bawah berupa kalimat syahadat asyhadu anna muhammadar-rasulullah. Warna dasarnya hijau daun dan seluruh sinar dan tulisan dengan warna putih. Makna lambang ‘Aisyiyah:

1.      Warna dasar hijau memiliki makna kedamaian dan kesejahteraan.
2.      Matahari memiki makan makna selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat.
3.      Sinar 12 memiki makna tekad semangat seperti kaum Hawariyyun (12 pengikut setia nabi Isa)
4.      Sinar putih memiki makna kesucian hidup
5.      2 syahadat memiliki makna ‘Aisyiyah berdasar kalimat tauhid (mengesakan Allah)
6.     Tulisan ‘Aisyiyah   memiliki makna agar bisa menjadi generasi wanita penerus istri Nabi Muhammad SAW yaitu ‘Aisyiyah r.a. seorang wanita yang cerdas dan berakhlaq mulia.
Sikap yang mencontoh nilai-nilai dalam lambang ‘Aisyiyah yaitu:
1. Warna dasar hijau memiliki makna kedamaian dan kesejahteraan. Maksudnya menunjukkan cita-cita dan tujuan ‘Aisyiyah, yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur serta diridhoi Allah. Perilaku sehari-hari selalu menjaga perdamaian dan memberimanfaat pada orang lain.
2.      Gambar di tengah adalah Matahari bersinar 12
     Maknanya selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat. Sinar 12 melambangkan tekad dan semangat ‘Aisyiyah dalam menyiarkan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat Indonesia, seperti tekad dan semangat sahabat nabi Isa a.s yang bejumlah 12 orang. Warna putih melambangkan kesucian dan keikhlasan.
     Sikap yang tepat sesuai warna putih yaitu selalu suci hati dan pikiran dan perbuatan. Tidak mudah berburuk sangka dan punya niatan buruk pada teman.
3.  Di tengah lingkaran tertulis ‘Aisyiyah  dengan warna hijau. Maksudnya ‘Aisyiyah diharapkan harus menyinari seluruh alam semesta. Dengan sinar putih menyinarkan kesegaran hidup. Sikap yang bisa diambil yaitu selalu bersemangat dan  mempunyai motivasi hidup yang tinggi, sehingga bisa menyinari lingkunagan sekitar. Dengan berpedoman bahwa sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi sekitarnya. Seperti hadist nabi Muhammad:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Artinya:Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”
4.    Tulisan melingkar syhadatain di atas dan di bawah tulisan ‘Aisyiyah. Artinya ‘Aisyiyah selalu berusaha menegakkan tauhid dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Dengan dasar 2 kalimat syahadat tersebut ‘Aisyiyah berusaha mewujudkan masyarakat adil makmur serta bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”.  Sikap yang bisa diambil yaitu selalu taat dan patuh pada perintah Allah dan tidak suka   dengan hal-hal syirik,tahayul, bid’ah dan khurafat. Sebagai bentuk memprakktekan 2 kalimat syahadat dalam lambang ‘Aisyiyah.
5.      Sebagai wanita selalu semangat belajar baik pelajar umum, agama dan ketrampilan . Wanita mempunyai hak yang sama untuk belajar dengan laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar